8 Manfaat Daun Waru Untuk Merawat Rambut

Daun waru ternyata tidak hanya sebagai tanaman yang berfungsi sebagai peneduh saja yang biasanya ada di pinggir jalan. Akan tetapi daun wa...

Daun waru ternyata tidak hanya sebagai tanaman yang berfungsi sebagai peneduh saja yang biasanya ada di pinggir jalan. Akan tetapi daun waru ini memiliki manfaat dan khasiat untuk kesehatan.

image source khasiatq.blogspot
Baca juga Manfaat Kacang Kenari Untuk Rambut Yang Harus Kamu Tau

Waru yang memiliki nama latin Hibiscus tiliaceus adalah pohon yang berjenis berbunga keluar mallow Malvaceae termasuk tumbuhan suku kapas-kapasan. Banyak ditemukan di daerah rawa, pantai dan sungai.

Daun waru mengandung zat – zat seperti saponin, flavonoid, dan polifenol. Saponin yang berfungsi mengikat kolesterol dalam darah, flavonoid berfungsi sebagai pelindung susunan sel dalam tubuh yang akan meningkatkan penyerapan dan pemakaian vitamin C dalam tubuh. Sedangkan polifenol berguna sebagai antiseptik dan antioksidan.

Khasiat daun waru dipercaya cukup ampuh untuk rambut, ibu hamil, batuk, dan wasir.
Yang cukup terkenal dari khasiat daun ini adalah untuk menyembuhkan seputaran penyakit pernafasan, seperti sesak nafas,  hingga penyakit TBC.

Baca juga Ternyata Tiram Bermanfaat Untuk Rambut

Berikut  Manfaat Daun Waru Untuk Merawat Rambut

1. Merawat Rambut Rontok
  • Caranya: 30 lembar daun waru dan 20 lembar daun randu segar yang sudah dicuci lalu giling sampai halus, tambahkan dua sendok makan minyak jarak kemudian tambahkan air perasan jeruk nipis. Gunakan kain halus untuk menyaringnya sambil diperas. air perasannya dipakai pada kulit kepala sambil dipijat – pijat perlahan. Lakukan sebelum tidur malam, lalu bungkus rambut semalaman. Cuci keesokan harinya. Bisa dilakukan dua hari sekali.
2. Mencegah Rambut Beruban
  • Cara membuatnya ada beberapa, pertama yaitu dengan mengambil daun waru dan bunganya sebanyak 2 atau 3 lembar, hancurkan sampai menjadi bubuk dan tambahkan air secukupnya. Kemudian tambahkan juga beberapa tetes minyak zaitun, pakai selama 15 menit dari akar rambut hingga ujung rambut.
  • Cara kedua yaitu dengan mencampurkan 5-6 bunga waru serta 8-10 daun waru direbus  dalam sedikit air selama kira – kira 5 menit. Kemudian giling hingga halus, tambahkan gram flour secukupnya (tepung gram atau tepung besan, tepung yang terbuat dari kacang – kacangan atau dikenal dengan nama chikpea, mengandung karbohidrat tinggi tetapi tidak mengandung gluten) . Pakai campuran ini di kulit kepala sampai ujung rambut, lalu bilas dengan air hingga bersih sepenuhnya.
3. Menyuburkan Rambut
  • Cuci bersih 15 lembar daun waru muda, peras dan saring airnya. Diamkan cairan selama semalam di luar rumah agar terkena embun, lalu pakaikan ke kulit kepala. Setelah itu dibilas seperti biasa. Bisa dilakukan dua atau tiga kali seminggu secara rutin untuk merasakan hasilnya.
4. Menumbuhkan Rambut
  • Cara membuat ramuan untuk perawatannya adalah dengan 10 lembar daun waru muda, segenggam daun urang aring, 5 lembar daun mangkokan, 1 lembar daun pandan, 10 kuntum bunga melati, 1 kuntum bunga mawar semuanya dicuci bersih dan dipotong – potong, masukkan ke panci, tambahkan air dan ditambahkan setengah cangkir minyak kelapa serta setengah cangkir minyak wijen dipanaskan sampai mendidih. Setelah dingin oleskan sambil dipijat pada kulit kepala. Lakukan malam hari sebelum tidur, bungkus kepala hingga esok paginya kemudian baru di keramas. Bisa dilakukan 2 hingga 3 kali seminggu.
5. Anti Ketombe
  • Rendam satu sendok makan biji fenugreek semalaman. Giling daun waru secukupnya dengan biji fenugreek tersebut sampai halus, kemudian campur dengan buttermilk atau sour cream sampai menjadi pasta. Pakai campuran ini di rambut Anda selama beberapa menit, lalu bersihkan.
6. Kondisioner Alami
  • Ambil segenggam daun waru dan daun henna lalu giling sampai halus. Tambahkan hasil perasan setengah jeruk lemon lalu aplikasikan ke rambut Anda. Ramuan ini tidak hanya berfungsi sebagai kondisioner tetapi juga anti ketombe.
7. Memperkuat Akar Rambut
  • Campur tiga sendok makan bubuk buah amla (buah malaka atau indian gooseberry) dengan tiga sendok makan daun waru yang telah dihancurkan. Aduk hingga bertekstur seperti pasta. Bisa ditambahkan jus buah malaka jika ingin. Pakailah masker di rambut Anda kemudian tunggu sekitar 40 menit, kemudian cuci rambut.
8. Mencegah Rambut Bercabang
Cara merawat rambut bercabang dengan manfaat daun waru untuk rambut :
  • Ambil beberapa lembar daun waru  kemudian hancurkan hingga halus, pada saat menghancurkan tidak perlu ditambahkan air karena daunnya sendiri telah mengandung air. Kemudian tambahkan setengah cangkir yoghurt yang terbuat dari susu kerbau (curd), aplikasikan pada akar rambut. Biarkan selama satu jam kemudian cuci bersih menggunakan air hangat. Bisa dilakukan sekali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


Baca juga Manfaat Minyak Cendana Untuk Rambut

Nahhh itu dia Manfaat Daun Waru Untuk Merawat Rambut. Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

COMMENTS

Nama

meluruskan rambut,12,menebalkan rambut,65,Perawatan Di Rumah,241,Perawatan rambut,248,rambut kering,36,rambut rontok,91,
ltr
item
Tips Trik Merawat Rambut: 8 Manfaat Daun Waru Untuk Merawat Rambut
8 Manfaat Daun Waru Untuk Merawat Rambut
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhRGLWbz1HCVgtsTDFVPrsUmYtY0AjzgQEXUxzMZIYpDn4Wuyk3RulboIlVxLOQoD-lCGaCsIrh5t0BAVD8DBKbcsT9tgGQeH7Kdx7sfy4AKaM00tWPTa6aNj9E7hV3DRnJZuktvTV-LUF6/s640/Manfaat+Dan+Khasiat+Daun+Waru+Bagi+Kesehatan.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhRGLWbz1HCVgtsTDFVPrsUmYtY0AjzgQEXUxzMZIYpDn4Wuyk3RulboIlVxLOQoD-lCGaCsIrh5t0BAVD8DBKbcsT9tgGQeH7Kdx7sfy4AKaM00tWPTa6aNj9E7hV3DRnJZuktvTV-LUF6/s72-c/Manfaat+Dan+Khasiat+Daun+Waru+Bagi+Kesehatan.jpg
Tips Trik Merawat Rambut
http://perawatanrambutbaru.blogspot.com/2018/01/8-manfaat-daun-waru-untuk-merawat-rambut.html
http://perawatanrambutbaru.blogspot.com/
http://perawatanrambutbaru.blogspot.com/
http://perawatanrambutbaru.blogspot.com/2018/01/8-manfaat-daun-waru-untuk-merawat-rambut.html
true
3676608471687863752
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy