7 Cara Mengatasi Kepala Berminyak Dengan Bahan Alami

Memiliki kulit kepala berminyak merupakan masalah yang banyak dihadapi pria dan wanita. Berlebihnya produksi minyak pada kulit kepala tent...

Memiliki kulit kepala berminyak merupakan masalah yang banyak dihadapi pria dan wanita. Berlebihnya produksi minyak pada kulit kepala tentu membuat rambut menjadi cepat lepek dan terlihat kusam. Selain itu, terkadang menjadikan Anda tampil tak percaya diri akibat tampilan dan aroma yang kurang sedap.

image source rupcare
Baca juga Manfaat Minyak Jojoba Untuk Rambut Yang Mungkin Belum Kita Ketahui

Biasanya, minyak sebum yang ada di kulit kepala memberikan lapisan perlindungan yang penting untuk menjaga kulit dari kehilangan kelembapan dan cepat mengering. Namun, terlalu banyak sebum dapat membuat kulit kepala dan rambut menjadi berminyak dan menyebabkan terjadinya ketombe. Perlu juga diketahui bahwa malassezia, jamur yang biasa dikaitkan dengan munculnya ketombe, tumbuh di area kulit kepala yang berminyak dan dapat memperburuk gejala ketombe.

Minyak pada kulit kepala diproduksi oleh kelenjar minyak (sebaceous glands). Jika cara mengatasi kulit kepala berminyak, maka berarti pada saat itu kelenjar minyak bekerja terlalu keras sehingga menghasilkan begitu banyak minyak pada kulit kepala Anda. Namun, banyaknya minyak pada kulit kepala Anda tersebut juga bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti Hormon androgen terlalu banyak, Kotoran, Keturunan, Suka Menyentuh Rambut.

Baca juga Manfaat Minyak Almond Untuk Rambut

Berikut Cara Mengatasi Kepala Berminyak Dengan Bahan Alami


1. Cuka Sari Apel dan Lidah Buaya
Campurkan seperempat cangkir cuka sari apel dengan 1 cangkir air lalu aplikasikan pada rambut yang berminyak. Terapkan gel lidah buaya secara merata pada rambut, atau juga bisa menerapkannya bersamaan dengan shampoo saat keramas.

2. Kulit Jeruk
Campurkan kulit jeruk yang telah dihancurkan dengan sedikit madu. Oleskan pada rambut dan diamkan beberapa saat selama kurang lebih 20-30 menit. Bilas menggunakan air bersih dan akhiri dengan keramas menggunakan shampoo.

3. Buah Pisang
Haluskan buah pisang. Campurkan dengan sedikit madu dan aduk merata. Aplikasikan pada rambut, oleskan secara merata. Setelah itu diamkan selama 15-20 menit. Bilas menggunakan air bersih (bersuhu normal) dan mencuci rambut menggunakan shampoo.

4. Air Teh
Bilas rambut menggunakan air teh setiap kali setelah keramas. Air teh menggunakan zat tannin yang dapat membantu mengatasi kelebihan minyak pada rambut. Pemakaian air teh sebagai pembilas rambut setelah keramas secara rutin akan menghasilkan rambut yang sehat, bernutrisi, normal dan tidak berminyak.

5. Jus Lemon
Campurkan perasan 1 buah lemon dengan 1 gelas air. Cuci rambut Anda menggunakan shampoo terlebih dahulu. Lalu bilas menggunakan air bersih. Bilas lagi untuk kedua kalinya menggunakan campuran lemon dan air yang telah Anda buat sebelumnya. Pemberian lemon pada rambut ini akan membantu menghilangkan sisa – sisa shampoo atau kontaminan apapun pada rambut.

Penumpukan sisa shampoo dan berbagai kontaminan sangat potensi menyebabkan kulit kepala menjadi berminyak dan tidak sehat. Sehingga, menggunakan ekstrak lemon untuk membersihkan kontaminan tersebut akan membantu meminimalisir kontaminan dan bekas shampoo pada rambut. Gunakan metode ini secara rutin agar mendapatkan hasil yang optimal.

6. Teh Hijau
Seduh teh hijau seperti biasanya. Saring air teh tersebut lalu diamkan sementara hingga menjadi dingin. Untuk mengaplikasikannya pada rambut, Anda hanya perlu menggunakan teh hijau ini sebagai pembilas rambut setelah keramas. Air teh yang telah dibiarkan sebelumnya dapat Anda simpan pada suatu wadah untuk penggunaan jangka panjang. Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat mengatasi ketombe dan iritasi pada kulit kepala. Selain itu, teh hijau juga mengandung astringents yang dapat mengurangi kadar minyak pada daerah kulit kepala beserta rambut.

7. Putih Telur
Pisahkan putih telur dari telurnya lalu tempatkan pada suatu wadah tertentu. Sebelum mengaplikasikannya pada rambut, basahi rambut terlebih dahulu dengan air. Oleskan putih telur setelahnya secara merata pada rambut. Pijat lembut kulit kepala secara menyeluruh selama kurang lebih 5-7 menit. Lalu diamkan sejenak selama 25-30 menit. Setelah itu, bilas rambut menggunakan air dan cuci rambut dengan shampoo ringan.

Putih telur tidak hanya mengandung banyak vitamin seperti vitamin B12, biotin dan kalsium. Putih telur juga mengandung suatu enzim khusus yang berfungsi sebagai anti bakteri, anti jamur dan antioksidan yang dapat melindungi kulit kepala dari bakteri serta mengurangi kadar minyak berlebih pada rambut.

Baca juga Minyak Ikan Punya Manfaat Untuk Rambut ?

Kulit kepala berminyak merupakan salah satu jenis permasalahan rambut yang kerap terjadi pada wanita. Baik sebagai suatu masalah yang permanen maupun masalah yang hanya sementara saja, permasalahan kulit kepala berminyak cukup mengesalkan.

Nahhh itu dia  7 Cara Mengatasi Kepala Berminyak Dengan Bahan Alami. Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.


COMMENTS

Nama

meluruskan rambut,12,menebalkan rambut,65,Perawatan Di Rumah,241,Perawatan rambut,248,rambut kering,36,rambut rontok,91,
ltr
item
Tips Trik Merawat Rambut: 7 Cara Mengatasi Kepala Berminyak Dengan Bahan Alami
7 Cara Mengatasi Kepala Berminyak Dengan Bahan Alami
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjvsBuNX80vZu4lr5aVC4XiDc8JG0JQflPiWsl6pAwE6aOhKSqeTZh81u-WNdVeGk1sqOl3JkKkdGsAI7tZtIBbajom6DnyYft46OC6Ph2hdtoOKX0x6H357dA0LvCY1ApdMWXkV_49BPDX/s400/berminyak.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjvsBuNX80vZu4lr5aVC4XiDc8JG0JQflPiWsl6pAwE6aOhKSqeTZh81u-WNdVeGk1sqOl3JkKkdGsAI7tZtIBbajom6DnyYft46OC6Ph2hdtoOKX0x6H357dA0LvCY1ApdMWXkV_49BPDX/s72-c/berminyak.jpg
Tips Trik Merawat Rambut
http://perawatanrambutbaru.blogspot.com/2017/10/7-cara-mengatasi-kepala-berminyak.html
http://perawatanrambutbaru.blogspot.com/
http://perawatanrambutbaru.blogspot.com/
http://perawatanrambutbaru.blogspot.com/2017/10/7-cara-mengatasi-kepala-berminyak.html
true
3676608471687863752
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy