Tips Merawat Rambut Rusak Akibat Bleaching

Kalau hobi mewarnai rambut, kamu mungkin akrab dengan istilah bleaching. Proses bleaching berperan penting dalam menghilangkan pigmen warna...

Kalau hobi mewarnai rambut, kamu mungkin akrab dengan istilah bleaching. Proses bleaching berperan penting dalam menghilangkan pigmen warna pada rambut agar warna cat rambut nampak lebih cerah. Langkah bleaching dilakukan ketika kamu ingin mengecat rambut dengan warna yang lebih muda, ombre, maupun warna pastel. Sayangnya, proses bleaching juga membuat rambutmu kering, rapuh, dan mudah patah.

iamge source tokopedia blog
Baca juga 10 Cara Menghilangkan Bau Apek Pada Rambut

Bleaching adalah proses melunturkan atau menghilangkan pigmen rambut. Dengan hilangnya pigmen rambut tesebut, maka warna rambut tersebut akan menjadi pudar. Kondisi warna pudar pada  rambut akan sangat mudah untuk di beri zat warna sesuai dengan warna yang di inginkan. Lunturnya pigmen warna ini membuat proses pewarnaan rambut menjadi lebih meresap dalam rambut sehingga hasilnya lebih bagus. mengkilat dan terlihat natural.

Proses bleaching rambut ini menggunakan bahan kimia untuk menghilangkan lapisan kutikula dan pigmen rambut agar mempermudah masuknya zat pewarna rambut. Tentu saja proses bleaching ini dapat menyebabkan kerusakan pada rambut karena proses bleaching yang mematikan pigmen rambut ini membuat aliran nutrisi dari akar rambut menuju ke batang dan ujung-ujung rambut menjadi terhambat. Ciri-ciri rambut rusak karena di-bleach adalah rambut menjadi kasar dan kering, mudah rontok, tampak kusam, susah diatur, mudah patah, dan bercabang pada ujungnya.

Baca juga 5 Cara Mudah Mengatasi Rambut Uban Dengan Mudah

Berikut Tips Merawat Rambut Rusak Akibat Bleaching.

  1. Gunakan sampo yang memiliki kandungan keratin
Keratin merupakan protein pembentuk struktur komponen utama rambut. Keratin pada rambut bisa rusak akibat penggunaan bahan-bahan kimia pada rambut. Penggunaan peralatan pemanas rambut seperti catok dan hair dryer yang terlalu sering dan lama pun dapat merusak keratin. Demikian pula dengan rambut yang rusak akibat proses bleaching, rambut menjadi kasar, kering, dan kusam akibat banyak keratin rambut yang rusak. Dengan menggunakan sampo yang mengandung keratin, maka perlahan-lahan rambut bisa kembali normal.
  1. Jangan lupa, gunakan juga kondisioner rambut
Kondisioner berfungsi untuk melembabkan rambut. Akibat proses bleaching rambut kehilangan banyak kandungan minyak alami yang berfungsi sebagai pelembab rambut. Karena itulah, dalam perawatan rambut rusak karena bleaching pemakaian kondisioner sangat dianjurkan untuk membantu menjaga kelembaban rambut dan kulit kepala.
  1. Gunakan juga minyak zaitun
Selain kondisioner, gunakan juga minyak zaitun sebagai pelembab. Oleskan secara merata minyak zaitun ke seluruh bagian rambut, lali diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas menggunakan air dan sampo. Lakukan ini secara rutin 2 kali seminggu.
  1. Gunakan masker rambut berbahan alami
Masker rambut mudah dibuat dari bahan-bahan alami. Dalam perawatan rambut rusak karena bleaching ini masker rambut dibuat untuk membantu menutrisi rambut yang akibat di-bleach mengalami banyak kekurangan nutrisi. Bahan-bahan alami yang bisa dijadikan masker rambut adalah buah-buahan (pisang, pepaya, alpukat, mangga, lemon, nanas), susu dan madu, telur kuning, madu dan minyak zaitun, santan kelapa.
  1. Tambahkan vitamin rambut
Rambut yang rusak akibat bleaching susah untuk menyerap asupan vitamin dari dalam tubuh. Karena itu pemakaian vitamin rambut dari luar, yang dioleskan pada rambut, sangat dianjurkan dalam perawatan rambut rusak karena bleaching. Pemberian vitamin dari luar ini diharapkan dapat mempercepat proses pemulihan rambut yang rusak karena bleaching.
  1. Gunakan sisir bergerigi jarang dan berujung bulat
Hal ini kelihatannya sepele, tetapi sangat disarankan bagi kamu yang rambutnya kasar, kering, dan bercabang. Menggunakan sisir yang bergerigi jarang dan berujung bulat dapat menghindarkan kerusakan lebih lanjut pada rambut, misalnya kerontokan yang parah. Selain itu, bila menyisir pastikan dahulu rambut dalam keadaan basah agar mudah disisir dan diatur.

image source leaf

Baca juga 9 Tips Merawat Rambut Untuk Wanita Berhijab

Memang akan sulit jika benar-benar meninggalkan proses styling, karena proses itu sangatlah dibutuhkan untuk menata dan merapikan rambut saat hendak melakukan aktivitas. Anda dapat mengatasinya dengan mulai mengurangi frekuensi styling, misalnya dengan mengeringkan rambut menggunakan handuk atau mengangin-anginkannya. Anda juga dapat mengaplikasikan vitamin rambut sebelum melakukan styling sehingga rambut lebih terlindungi dari panas dan paparan kimia dari proses styling tersebut.

Nahhh itu dia Tips Merawat Rambut Rusak Akibat Bleaching. Terimakasih sudah membaca, semoga bermanafaat.



COMMENTS

Nama

meluruskan rambut,12,menebalkan rambut,65,Perawatan Di Rumah,241,Perawatan rambut,248,rambut kering,36,rambut rontok,91,
ltr
item
Tips Trik Merawat Rambut: Tips Merawat Rambut Rusak Akibat Bleaching
Tips Merawat Rambut Rusak Akibat Bleaching
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiV3uHdP_K2BBtfN-NdNbc5HZIrVgnHMauQBfC8zMIsf9TcDRcWkEKpdDUqc6X5gu9XeG29ikDo2RyqAc2VJekN98R8Y6kLSX1Snw2iauMd7uyRbeQdo-88gveIyHA62X9MhjtS2kNJ8xeD/s320/hair_bleach-e1366236508525.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiV3uHdP_K2BBtfN-NdNbc5HZIrVgnHMauQBfC8zMIsf9TcDRcWkEKpdDUqc6X5gu9XeG29ikDo2RyqAc2VJekN98R8Y6kLSX1Snw2iauMd7uyRbeQdo-88gveIyHA62X9MhjtS2kNJ8xeD/s72-c/hair_bleach-e1366236508525.jpg
Tips Trik Merawat Rambut
http://perawatanrambutbaru.blogspot.com/2017/09/tips-merawat-rambut-rusak-akibat-bleaching.html
http://perawatanrambutbaru.blogspot.com/
http://perawatanrambutbaru.blogspot.com/
http://perawatanrambutbaru.blogspot.com/2017/09/tips-merawat-rambut-rusak-akibat-bleaching.html
true
3676608471687863752
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy