Manfaat Dan Kegunaan Daun Pandan Untuk Rambut Yang Harus Kamu Ketahui

Bagi setiap orang, rambut merupakan bagian tubuh yang sangat berharga dan juga mampu meningkatkan rasa percaya diri. Siapa yang tidak ingin...

Bagi setiap orang, rambut merupakan bagian tubuh yang sangat berharga dan juga mampu meningkatkan rasa percaya diri. Siapa yang tidak ingin rambut sehat, lebat, halus dan juga hitam secara alami. Ketika rambut seseorang indah dan sehat, hal ini dikatakan bisa menambah rasa percaya diri dan pesonanya.

image source kesehatansukses
Baca juga Manfaat Madu Untuk Rambut

Pandan wangi memiliki nama latin (Pandanus amaryllifolius Roxb.) dan termasuk keluarga Pandanaceae. Tanaman ini biasanya hidup di rawa-rawa atau di tempat-tempat yang lembab dan teduh. Namun, karena manfaatnya yang cukup besar bagi kehidupan manusia, tanaman ini kini sudah mulai dibudidayakan dan ditanam di pekarangan rumah. Untuk perkembangbiakannya dilakukan dengan cara memisahkan tunas baru dari rumpunnya yang tumbuh diantara akar-akar.

Daun pandan kerap kali digunakan sebagai salah satu campuran bahan makanan yang akan membuat makanan memiliki bau dan warna khas yang sangat menarik. Namun, tahukah anda jika daun pandan ternyata memiliki manfaat kesehatan bagi rambut kita? 

Baca juga Cara Membuat vitamin Rambut Alami

Berikut Manfaat Dan Kegunaan Daun Pandan Untuk Rambut Yang Harus Kamu Ketahui

1. Mengatasi rambut rontok

Sediakan 1 lembar daun pandan, 10 lembar daun waru muda yang segar, 1 genggam daun urang-aring, 5 lembar daun mangkokan, 10 kuntum bunga melati, dan 1 kuntum bunga mawar. Semua bahan dicuci bersih kemudian masukkan ke dalam panci alimunium. Tambahkan setengah cangkir minyak kelapa, minyak wijen dan minyak kemiri. Rebus hingga mendidih lalu disaring.

Cara pemakaiannya, oleskan ramuan tadi pada rambut dan kulit kepala secara merata lalu bungkus dengan handuk hangat. Lakukan pada malam hari sebelum tidur. Keesokan harinya baru bilas dengan air dingin dan keramas seperti biasa. Lakukan perawatan ini secara teratur sebanyak 2-3 kali seminggu.

2. Menghitamkan rambut

Memiliki rambut yang hitam berkilau dan sehat adalah sebuah aset, terutama bagi wanita. Peribahasa mengatakan rambut adalah mahkota wanita. Ambil 7 lembar daun pandan, cuci bersih dan potong-potong kecil. Rebus dengan 1 liter air, hingga airnya berwarna hijau. Embunkan air rebusan tadi selama semalaman. Keesokan harinya, campurkan air rebusan daun pandan tersebut dengan perasan air 3 buah mengkudu yang sudah masak. Gunakan ramuan tersebut untuk keramas. Lakukan scara rutin 3 kali seminggu dan lihat hasilnya.

3. Menghilangkan ketombe

Ketombe adalah salah penyebab gatal di kulit kepala. Keberadaan ketombe dapat mengganggu kesehatan rambut, karena kulit kepala menjadi tidak sehat. Untuk mengatasinya bisa dengan menggunakan daun pandan wangi.

Ambil 7 lembar daun pandan wangi, cuci bersih, potong-potong dan haluskan dengan cara diblender. Tambahkan setengah cangkir air bersih lalu remas-remas. Saring airnya, dan gunakan untuk membersihkan rambut dan kulit kepala. Biarkan hingga kering dengan sendirinya. Lalu bilas dengan air bersih dan keramas seperti biasa. Lakukan secara rutin hingga ketombe hilang.

Baca juga Cara Membuat Hair Tonic Alami Untuk Rambut

Dengan memakai air ramuan daun pandan, kita bisa memijat-mijat kulit kepala secara menyeluruh. Untuk mendapatkan manfaat paling maksimal, pakar kesehatan menyarankan kita untuk melakukan terapi pemijatan dengan air ramuan daun pandan sebelum tidur sehingga kita bisa mengeramasi rambut di pagi hari. Dengan rutin menggunakan ramuan daun pandan ini dua hingga tiga kali dalam seminggu, maka masalah rambut pun akan segera berkurang dengan signifikan.

Nahhh itu dia Manfaat Dan Kegunaan Daun Pandan Untuk Rambut Yang Harus Kamu Ketahui. Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

COMMENTS

Nama

meluruskan rambut,12,menebalkan rambut,65,Perawatan Di Rumah,241,Perawatan rambut,248,rambut kering,36,rambut rontok,91,
ltr
item
Tips Trik Merawat Rambut: Manfaat Dan Kegunaan Daun Pandan Untuk Rambut Yang Harus Kamu Ketahui
Manfaat Dan Kegunaan Daun Pandan Untuk Rambut Yang Harus Kamu Ketahui
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgutlsvIam314hDE89xuz3kFqzNSFqGR7Ckrq6FlIq13_01tow5Wkz7t-RMMqwojT-nKy8OQGgrYXCA4dAL7wijjnY10U9N9JOthalBJYTm_eU4ccWOuB7I1togoACRhx2W0BenrmXZ0sZD/s640/Manfaat_dan_Khasiat_Daun_Pandan.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgutlsvIam314hDE89xuz3kFqzNSFqGR7Ckrq6FlIq13_01tow5Wkz7t-RMMqwojT-nKy8OQGgrYXCA4dAL7wijjnY10U9N9JOthalBJYTm_eU4ccWOuB7I1togoACRhx2W0BenrmXZ0sZD/s72-c/Manfaat_dan_Khasiat_Daun_Pandan.jpg
Tips Trik Merawat Rambut
http://perawatanrambutbaru.blogspot.com/2017/10/manfaat-dan-kegunaan-daun-pandan-untuk-rambut.html
http://perawatanrambutbaru.blogspot.com/
http://perawatanrambutbaru.blogspot.com/
http://perawatanrambutbaru.blogspot.com/2017/10/manfaat-dan-kegunaan-daun-pandan-untuk-rambut.html
true
3676608471687863752
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy