Tips Mencatok Rambut Dengan Benar Agar Tidak Rusak

Mencatok atau meluruskan rambut dengan alat pelurus rambut yang panas atau pencatok bisa membuat rambut terlihat lembut dan rapi. Tetapi ...

Mencatok atau meluruskan rambut dengan alat pelurus rambut yang panas atau pencatok bisa membuat rambut terlihat lembut dan rapi. Tetapi jika Anda terlalu sering melakukannya tanpa perawatan khusus, rambut punmenjadi kering dan rusak dan tentunya bukan hal ini yang Anda inginkan.
image source stylerambut

Baca juga 10 Tips Mudah Membuat Rambut Hitam Berkilau

Kita tahu bahwa ada beberapa jenis rambut seperti lurus, bergelombang atau keriting. Memiliki rambut lurus nan halus menjadi idaman bagi sebagian besar wanita. Kendati demikian banyak juga yang sudah bosan dengan rambut lurusnya sehingga memilihnya untuk mengeriting atau hanya sekedar memberikan sedikit efek curly. Sebaliknya bagi yang memiliki rambut bergelombang terkadang juga ingin membuatnya menjadi lurus. Cara yang paling mudah untuk melakukanya adalah dengan menggunakan catokan. Namun karena alat ini menciptakan kalor, tentu sedikit banyak memberikan efek buruk bagi kesehatan rambut. Sebagus apapun merek catokanmu tetap berpotensi merusak struktur rambut.

Tidak heran jika ada perlakuan khusus yang juga dilakukan untuk rambut salah satunya dengan alat pelurus rambut atau yang lebih sering dikenal dengan alat catok. Hanya dengan alat catok ini, kamu bisa memiliki bentuk rambut yang kamu inginkan dengan cara yang instan. Tapi, seringkali rambut malah menjadi kering dan pecah-pecah. Bahkan  lambat laun rambutpun terlihat rusak dan tidak seindah yang diharapkan.

Baca juga Kesalahan Dalam Menggunakan Catokan Yang Berakibatkan Kerusakan Rambut

Berikut  Tisp Mencatok Rambut Dengan Benar Agar Tidak Rusak
  
1.Gunakan Pelindung Rambut
Sebelum mencatok rambut, gunakan pelindung rambut untuk meminimalisir kerusakan rambutmu. Sesudah keramas gunakanlah kondisioner secukupnya. Akan tetapi jangan berlebihan karena juga tidak baik untuk rambut. Kamu juga bisa menggunakan krim khusus atau hear protecting spray sebelum mencatok rambut.

2. Rambut Kering
Pastikan rambut benar benar kering sebelum mencatoknya. Jika dicatok dalam keadaan basah, rambut mudah mengalami kerusakan. Hal ini lantaran rambut lebih lemah ketika dalam kedaan basah.

3. Gunakan Suhu Normal
Jangan menggunakan suhu panas saat mencatok rambut. Aturlah catokan pada suhu normal saja. Penggunaan catokan dalam suhu terlalu panas akan membuat rambut cepat rusak. Selain itu rambut akan terlihat kusam dan kasar.

4. Hindari Mencatok berulang ulang
Pada setiap sisi rambut, cukup kamu catok sekali saja jangan berulang ulang. Rambut yang terkenal panas secara terus menerus akan berpotensi cepat rusak.

5. Gunakan sisir
Rambut dalam keadaan kusut, membutuhkan waktu yang lebih lama saat mencatok. Untuk itu sisirlah sebelum dicatok.

6. Lakukan Secara Perlahan
Jepitlah mulai dari pangkal rambut dan tarik secara perlahan ke ujung. Lakukan secara perlahan jangan tersendat sendat karena akan meninggalkan garis horizontal.

7. Bagi rambut menjadi beberapa bagian kecil
Jangan mencatok rambut dalam jumlah banyak. Baiknya bagi rambut menjadi beberapa bagian kecil sehingga akan lebih rata.

8. Diamkan Sejenak
Jangan langsung mengikat rambut setelah mencatok. Setelah selesai mencatok rambut, diamkan rambut sejenak agar suhunya kembali normal. Hal ini akan membuat bentuk rambut lebih tahan lama.

9. Bersihkan alat catokan
Terakhir, bersihkanlah catokan setelah selesai digunakan. Apalagi jika kamu menggunakan pelindung panas pada rambut. Jika ada kotoran menempel pada catokan tentu akan menggangu rambut saat akan digunakan kembali. Cukup lap dengan kain basah saja saat catokan dalam keadaan mati.

image source yourbeauty411
Baca juga Tips Membuat Hasil Catok Jadi Tahan Lama

Setelah alat catok selesai digunakan, simpan baik-baik ke dalam pouch khusus alat catok agar aman dan tidak mudah kotor. Tapi tunggu sampai alat catokmu itu sudah tidak terlalu panas ya! Selalu ingat tips mencatok ini agar proses mencatok berjalan aman dan hasilnya sempurna.  

Nahhhh itu dia Tips Mencatok Rambut Dengan Benar Agar Tidak Rusak. Nahhh itu dia Tips Mencatok Rambut Dengan Benar Agar Tidak Rusak. Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

COMMENTS

Nama

meluruskan rambut,12,menebalkan rambut,65,Perawatan Di Rumah,241,Perawatan rambut,248,rambut kering,36,rambut rontok,91,
ltr
item
Tips Trik Merawat Rambut: Tips Mencatok Rambut Dengan Benar Agar Tidak Rusak
Tips Mencatok Rambut Dengan Benar Agar Tidak Rusak
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhh7kMt53uTx3Hh_sp8rWNVxq-_bzL9IfcvnVCgmpneqnVjXE0EcNB-bzAJj2RSr-hLhhFbC-u9OsS5Z5SPPXg5k013urDX9xZLSE2d_B2uwok8CGs1v-Ro5a2N3gCPrGGxsnw7bAEnJPbH/s320/cara+catok+rambut+agar+lurus+tahan+lama.PNG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhh7kMt53uTx3Hh_sp8rWNVxq-_bzL9IfcvnVCgmpneqnVjXE0EcNB-bzAJj2RSr-hLhhFbC-u9OsS5Z5SPPXg5k013urDX9xZLSE2d_B2uwok8CGs1v-Ro5a2N3gCPrGGxsnw7bAEnJPbH/s72-c/cara+catok+rambut+agar+lurus+tahan+lama.PNG
Tips Trik Merawat Rambut
http://perawatanrambutbaru.blogspot.com/2017/10/tisp-mencatok-rambut-dengan-benar-agar-tidak-rusak.html
http://perawatanrambutbaru.blogspot.com/
http://perawatanrambutbaru.blogspot.com/
http://perawatanrambutbaru.blogspot.com/2017/10/tisp-mencatok-rambut-dengan-benar-agar-tidak-rusak.html
true
3676608471687863752
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy